Unduh Adobe Flash player
Your Adsense Link 728 X 15

Euphorbia Milii Si Cantik Yang Memiliki Segudang Khasiat

Posted by Ayik. P 0 komentar
Euphorbia Milii
Mendengar kata Euphorbia mungkin sudah tidak asing lagi di telinga sobat blogger. Di Indonesia Euphorbia lebih dikenal dengan nama Pakis Giwang. Bagi pecinta tanaman hias, Euphorbia mungkin menjadi tanaman yang masuk dalam daftar koleksi. Dan salah satu jenis Euphorbia yang banyak di budidayakan adalah Euphorbia Milii. Tumbuhan yang berasal dari genus Euphorbia ini, ternyata banyak mengandung khasiat. Bukan hanya sekedar tanaman hias, tapi dapat dijadikan sebagai tanaman obat.

Euphorbia Milii sendiri digolongkan ke dalam tanaman beracun (poison plant), karena getah susu (eksudat) dari tanaman ini jika berkoagolasi (bercampur) dengan darah akan menyebabkan pertumbuhan sel abnormal.  Tapi, jangan takut hanya mendengar kata racun dari tumbuhan cantik satu ini. Karena, tidak menyebabkan kematian apabila tersentuh dengan getahnya

Penanaman Euphorbia sendiri telah banyak dilakukan di beberapa negara seperti Thailand, Malaysia dan Indonesia. Dan penanaman ini tidak bisa dilakukan di sembarang tempat lo, karena dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman ini. Tempat penanaman yang baik untuk tanaman ini adalah lahan terbuka yang cukup mendapat sinar matahari, dengan suhu berada dikisaran 4-40° celsius. Walaupun tanaman ini suka berpanas-panasan tapi media tanam bagi tanaman ini harus lembab dan harus disertai dengan penyiraman yang teratur.

Nah, bagi yang bertanya-tanya. Apa sih sebenarnya manfaat atau khasiat dari tanaman ini sebenarnya? Mari saya jelaskan, di simak ya:
          
* Sebagai obat untuk pendarahan rahim

Bunga sebanyak 10-15 kuntum direbus dengan 50 gram daging sapi tanpa lemak. Kudapan itu bisa dimakan sebagai sup.

* Hepatitis

Pucuk batang yang masih segar (9-15 g), diiris tipis dan direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Air rebusan tersebut bisa diminum dengan madu.

* Luka bakar

Daun dan batang direbus dengan air sampai mendidih, setelah dingin digunakan sebagai pengompres.

* Bisul

Batang diiris tipis dan dibakar dan ditempelkan pada bisul.


0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda. Apapun komentar anda akan sangat saya hargai. Walaupun hanya beberapa patah kata, tapi jangan nyepam yahhh...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Visitor

My Badge

Protected by Copyscape Duplicate Content Check Checkpagerank.net

My Partners